Langsung ke konten utama

KOMUNIKASI EFEKTIF


Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks . Dianggap penting karena ragam dinamika kehidupan (bisnis, politik, misalnya) yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut muncul oleh karenanya berkomunikasi secara efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan.
Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan, Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan. Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
·      Menciptakan suasana yang menguntungkan.
·      Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
·      Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
·      Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
·      Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Berbicara tentag minat (awareness) di pihak komunikan, dapat dikemukakan bahwa minat akan timbul bilamana ada unsur – unsur sebagai berikut :
·      Tersedianya suatu hal yang menarik minat.
·      Terdapat kontras, yaitu perbedaan antara hal yang satu dengan lainnya, sehingga apa yang menonjol itu menumbuhkan perhatian.
·      Terdapat harapan untuk mendapat keuntungan atau mungkin gangguan dari hal yang dimaksudkan.


“Menurut saya : Komunikasi efektif itu sendiri dapat terjadi jika interaksi antara komunikator dengan  komunikator berlangsung dengan baik sehingga pesan disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan bisa dikatakan efektif, oleh karenanya selama proses penyampaian pesan itu berlangsung perlu diperhatikan situasi serta kondisi yang tepat, jika hal itu dapat terpenuhi maka pesan yang disampaikan dapat diterima dengan efektif”.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tugas Teori Organisasi 2, Dosen Mario Zefanya, SE.
Muhammad Ramli (16113074) (2KA10)



Sumber :

https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe & Bentuk Organisasi

1.       Tipe Organisasi Pada saat ini tipe Organisasi terdapat 6 bentuk organisasi yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah definisi tipe Organisasi menurut beberapa ahli adalah:

Resensi - Buku "No More Galau"

RESENSI BUKU 1.       Identitas Buku Judul buku            : No. More Galau “Saatnya yang Muda Jadi Bijaksana Pengarang             : Rico Penerbit                 : TransMedia Pustaka Tahun Terbit         : 2014 Cetakan                 : Pertama, 2014 Ukuran                  : 13 cm x 19 cm Jumlah Halaman   : vii + 186 halaman ISBN  (13) 978 – 979 – 799 – 293 – 4 Harga                    : Rp.  45.000,00

Resensi - Buku "Sandiaga Uno"

RESENSI BUKU 1.       Identitas Buku Judul buku            : Sandiaga Uno “From Zero to Hero” Pengarang             : Nor Islafatun Penerbit                 : Buku Pintar Tahun Terbit         : 2012 Cetakan                 : Pertama, Yogyakarta 2012 Ukuran                  : 14 cm x 20 cm Jumlah Halaman   : 196 halaman ISBN : 978 – 602 – 8931 – 73 – 1 Harga                    : Rp.  35.000,00