Komunikasi Efektif
Komunikasi
efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks . Dianggap
penting karena ragam dinamika kehidupan (bisnis, politik, misalnya) yang
terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara
tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi,
serta beragam kepentingan yang ikut muncul oleh karenanya berkomunikasi secara
efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian
yang sama tentang suatu pesan.
Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan, Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan. Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan, Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan. Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
·
Menciptakan
suasana yang menguntungkan.
·
Menggunakan
bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
·
Pesan
yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
·
Pesan
dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
·
Pesan
dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Berbicara
tentag minat (awareness) di pihak
komunikan, dapat dikemukakan bahwa minat akan timbul bilamana ada unsur – unsur
sebagai berikut :
·
Tersedianya
suatu hal yang menarik minat.
·
Terdapat
kontras, yaitu perbedaan antara hal yang satu dengan lainnya, sehingga apa yang
menonjol itu menumbuhkan perhatian.
·
Terdapat
harapan untuk mendapat keuntungan atau mungkin gangguan dari hal yang
dimaksudkan.
“Menurut saya :
Komunikasi efektif itu sendiri dapat terjadi jika interaksi antara komunikator
dengan komunikator berlangsung dengan
baik sehingga pesan disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan bisa dikatakan
efektif, oleh karenanya selama proses penyampaian pesan itu berlangsung perlu
diperhatikan situasi serta kondisi yang tepat, jika hal itu dapat terpenuhi
maka pesan yang disampaikan dapat diterima dengan efektif”.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tugas Teori Organisasi 2, Dosen Mario Zefanya, SE.
Muhammad Ramli (16113074) (2KA10)
Sumber :
https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/
Komentar
Posting Komentar